Kamis, 08 Januari 2015

Materi TP kelas 2 "semester 1"

PEMODELAN

P.ridwan                                                                                                                        8-september-14

Apa model itu?
·         Model adalah suatu miniatur system
·         Digunakan untuk analisa sebelum membuat system yang sebenarnya.harus mendeskripsikan tentang system yang akn diebuat.
·         Kombinasi antar texs dan diagram untuk menentukan memastikan kebutuhan data.
·         Fungsi dan tingkah laku system agar mudah dimengerti serta lebih penting lagi untuk melakukan review keakaratan,kebenaran,kelengkapan dan konsistensi data.
Definisi perangkat lunak
                Perangkat lunak adalah suatu aplikasi program computer yang didalamnya terdapat :
1.       Program itu sendiri
2.       Konfugurasi yang digunakan.
3.       Dokumentasi yang menjelaskan struktur system dan informasi tentang versi terbaru.
Peroduk perangkat lunakdikembangkan dengan sesuai dengan siapah pemakai perangkat lunak tersebut
Produk perangkat lunak dibagi menjadi 2 :
1.       Produk genetic : yang dijual pada pasar terbuka.
2.       Produk spesifik : yang dijual dan dibuat dari pemesanan pemakai.

Karakterristik perangkat lunak
·         Software is developed or engineered ,not manufactured (perangkat lunak dikembangkan atau direkayasakan , tidak di produksi).
·         Software doesn’t “ wearout ” (perangkat lunak ous)
·         Most software are sostom builf,not assembled from exifiting component (kebanyakan perangkat lunak kustam di bangun,tidak dirakit dari kmponenyang ada).
Prodlem dalam pembuatan perangkat lunak
·         Tidak cukup waktu yang cukup dalam mengumpulkan data pada proses pembuatan perangkat lunak.
·         Ketidak puasan user pada S/W yang buat.
·         Kwalitas S/W terkadang meragukan.
·         Sulit dalam memaintenance S/W sekarang.


Macam-macam perangkat lunak
                Bedasarkan pemakai
1.       Genetik : yang bisa digunakan secara umum.
2.       Spesifik : yang dibuat berdasarkan pesanan.
Berdasarkan fungsional :
1.       Interfacing
2.       Operating system
3.       Perangkat lunak aplikasi
4.       Case tools

Perangkat lunak berdasarkan pemakaian
                Genetik :
·         Contoh : oprating system sperti microsof windows
Spesifik :
·         Contoh : Aplikasi rumah sakit ,aplikasi sekolah ,aplikasi kesehatan dll.

Berdasarkan fungsional
·         Interfacing adalah menghubungkan suatu perangkat keras tertentu.
Missal : driver untuk kamera,hp / perangkat keras lainya.
·         Operating system adalah perangkat lunak yang menjalankan system computer dan program aplikasi yang berjalan di atasnya.
Beberapa OS :
1.       Microsoft windows
2.       Unix
3.       Linux dan variasinya, seperti redhat,suse,dsb
4.       Free BSD
5.       Macintosh (apple)
·         Perangkat lunak program aplikasi
1.       Program yang di tentukan oleh aplikasi yang di tentukan.
2.       Tujuan membantu pekerjaan pekerjaan manusia supaya lebih mudah.
3.       Program aplikasi ini bergantung pada kebutuhan dari program itu sendiri seperti :
a)      Program office
b)      Program graphics desigen
c)       Program multimedia
d)      DLL

       9-september-2014
CASE TOOLS
                CASE adalah  perangkat computer yang berbasis produk yang bertujuan untuk mendukung salh satu atau lebih kegiatan rekayasa perangkat lunak dalam proses pengembangan software.penulisan lainya tela berusaha untuk membuat fine-grained distinction berbeda antara, ent kelas CASE alat bersama sejumlah dimensi
                CASE TOOLS ( computer Aided Software Engineering )
Case Tools disklasifikasikan sebagai berikut
1.       Upper Case.Case tols yang didosan untuk perencanaan identifikasi dan seleksi proyek (permulaan dari perencaan proyek )tempatnya pada fase analisis dan disain dari suatu system tools termasuk kelas ini adalah jenis diagramming tools from and report generators dan analisis tools.
Contoh case tools : crandle pro-iv workbench ,prokit workbench.
2.       Lower case,case tools yang didisain untuk mendukung tahap implementasi dan maintenance dari SDLC. Tools yng masuk ke kelas ini adalah jenis code generators.
Contoh : level/1-user sensitive case, pro-IV application development.
3.       Case life-cycle,case/integrated case (I-CASE).case tools yang dirancang untuk mendukung aktifitas” yang terjadi dari beberapa fase dari SDLC.
o   Mengkombinasikan upper dan lower CASe menjadi Satu.tools yang termasuk kelas ini adalah jenis project management tools
§  Contoh CASE Tools : rational rose, paseidon,Argo UML,Catalyze,in-step,juggler,Prince.

Persyarata Perangkat Lunak
·         Perangkat lunak harus memberikan bantuan dlm merepsentasikan dan mengakses file-file eksternal yang dibuat dengat alat bantu lain.
·         Persyaratan fungsional dan non fungsional
·         Persyaratan user
·         Persyaratan system
·         Dokumentasi dan persyaratan perangkat lunak

Persyaratan fungsional dan non fungsional
·         Persyaratan fungsional : Persyaratan layanan tentang bagaimana system harus bereaksi terhadap input,system harus berlaku pada situasi” dilakukan system.
o   Contoh : computer yang dimaukan fd dan tidak terdeteksi.!!
·         Persyaratan non fungsional : peryatan tentang batasan layanan dan fungsional yang diberikan system.
o   Contoh :
·         Persyaratan domain : persyaratan yang datang domain aplikasi system dan merefleksikan karakteristik domain tersebut.
o   Contoh :

Persyaratan non fungsional
·         Persyaratan produk : persyaratan yang diambil dari spesifikasi produk seperti persyaratan hadware untuk mendukung kinerja.
o   Contoh : Speksifikasi sebuah produk.
·         Persyaratan organisasi : persyaratan yang berasal dari kebijakan dan prosedur pada organisasi.
o   Contoh : kita main dalam struktur organisasi dalam sebuah !!
·         Persyarataan eksternal : persyaratan yang dari factor eksternal terhadap system dan proses pengembanganya.

p.ridwan                                                                                                                 10-september-14

Ukuran persyaratan non fungsional
·         Kecepatan dalam : transaksi yang diproses/detik ,waktu tanggal user/event atau waktu refresh layar.
·         Ukuran dalam : KB dalam jumlah chip Ram.
·         Kemudahan penggunaan dalam : waktu pelatihaan atau jumlah frame help.
·         Kehandalan dalam : waktu rata-rata kegagalan,probabilitas ketidaksediaan,kecepatan terjadinya kegagalan, atau ketersediaaan.
·          Ketahanan dalam : waktu start ulang setelah kegagalan ,prosentase event yang ggal, atau probabilitas korupsi data.
·         Probalitas dalam : prosentase pernyataan tergantung target, atau jumlah system target.

Persyaratan user
·         Mendeskripsikan persyaratan fungsional dan non fungsional sehingga dapat dipahami oleh user yang tidak memiliki pengetahuan teknik.
·         Persyaratan user harus ditulis oleh bahasa natural,formal dan diagram intuitif yang sederhana.persyaratan user tidak boleh didefinisikan memakai model implementasi.
·         Masalah yang sering muncul :
o   Tidak adanya kejelasan.
o   Kesimpang-siuran persyaratan.
o   Penggabungan persyaratan.



Persyaratan system
·         Persyaratan system ini lebih rinci dari persyaratan user,dan fungsi sebagai dasar kontrak untk implement system.
·         Persyaratan system ini digunakan sebagai titik awal penrencaan system.

·         Bahasa natural banyak digunakan dalm mendefinisikan persyaratan system.

0 komentar:

Posting Komentar